BARRABRAVAS ARGENTINA



BARRABRAVAS ARGENTINA - Berbicara tengtang sepakbola tentu tidak jauh dari suporternya juga. Didunia ini banyak dikenal berbagai macam suporters, Ultras, Hooligans, dan Barrabravas yang dikenal sangat fanatik dalam mendukung kesebelasan mereka. Tidak jarang mereka terlibat kerusuhan dengan suporters lawan atau pun dengan petugas keamanan.

Argentina mempunyai kelompok suporters yang paling militan dan brutal didunia, mereka dikenal sebagai Barrabravas. Kali ini akan membahas tentang suporters sepakbola Barrabravas dari Argentina, yang dikenal sebagai suporters yang paling kejam didunia ini. Barrabravas sendiri secara harfiah berasal dari bahasa Spanyol yang bisa diartikan 'pendukung fanatik'. Argentina mempunyai kelompok suporters yang paling militan dan brutal didunia, mereka dikenal sebagai Barrabravas.

Mengenai Barrabravas, kekerasan sepakbola Argentina telah ada sejak abad 19. Setiap tim besar maupun kecil di Argentina pasti memiliki kelompok Barrabravas dan mereka semua terlibat kekerasan dalam sepakbola. Kelompok barrabravas yang dikenal paling kuat dan besar di Argentina adalah barrabravas Independiente, Rosario Central, Newell's Old boys, Racing Club, dan River Plate.

The New York Times
melansir bahwa sejak tahun 1939 lebih dari 200 orang meregang nyawa akibat dari kebrutalan kelompok barrabravas. Itu belum termasuk yang dari korban luka-luka maupun korban cacat.

Kelompok barrabravas yang dikenal secara terorganisir ditahun 1950an adalah kelompok barrabravas dari Independiente, San Lorenzo, Lanus, Rosarion Central,Veles Sarsfield. Di tahun 1960an Muncul juga barrabravas dari Belgrano, Boca Juniors, River Plate, dan terus berkembang hingga kini.

Bagi barrabravas terlibat kerusuhan atau membunuh suporters lain baik suporters lawan atau pun sesama suporters klub sendiri adalah hal biasa, kelompok barrabravas yang paling sering bentrok dari satu klub adalah barrabravas River Plate, atau sesama barrabravas klub Boca Juniors.

Sangat sulit untuk membubarkan barrabravas karena secara diam-diam, kelompok ini sengaja dipelihara untuk menarik masa dan dukungan politik bagi para politisi di Argentina. Barrabravas juga secara diam-diam kerap mendapat dukungan dari para pengurus klub.

Permusuhan antar kelompok Barrabravas yang dikenal didunia adalah permusuhan antara barrabravas Boca Juniors vs barrabravas River Plate. Di tahun 2000an terjadi pembunuhan terhadap dua suporters Boca Juniors distadion Monumental, diamana saat itu laga panas antara River Plate vs Boca Juniors dimenangkan tim tamu dengan sekor 0-2. Keesokan harinya ditemukan dua suporters Boca Juniors sudah tidak bernyawa, dan disalah satu sudut kota Beunos Aires tertulis dengan darah RIVER 2 - BOCA 2.

Hinga kini di Argentina kekerasan antar kelompok barrabravas masih terjadi.


Klik disini untuk membaca juga artikel menarik lainnya

0 Response to "BARRABRAVAS ARGENTINA"

Post a Comment