Pengertian dari kata Lava Serta Mengapa Lava Begitu Panas dan memiliki Warna Berbeda

Pengertian dari kata Lava Serta Mengapa Lava Begitu Panas dan memiliki Warna Berbeda - LAVA : adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalambumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam. Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti lava ropi atau lava blok (umumnya di Indonesia membentuk lava blok). Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk awan panas guguran dari lava.
 
MENGAPA LAVA BEGITU PANAS ?
Lava panas karena dua alasan:
1. Disebabkan oleh panas di dalam bumi (sekitar 150 km ke bawah) di mana batu mencair yang akhirnya menjadi magma.
2. Batu disekitar magma adalah insulator yang baik, sehingga magma tidak kehilangan banyak panas dalam perjalanan ke permukaan.
 
MENGAPA LAVA MEMILIKI WARNA YANG BERBEDA ?
Warna lava tergantung pada suhu.
Saat Lava mulai keluar berwarna oranye terang (1000-1150 C). Karena ada pengaruh udara dingin lava berubah warna menjadi merah terang (800-1000 C), kemudian menjadi merah gelap (650-800 C), dan merah kecoklatan (500-650 C) dan terakhir adalah Lava Solid yang berwarna hitam (tapi masih bisa sangat panas). 
 
ALIRAN LAVA (“lava flow”) : adalah magma yang keluar dari permukaan dan mengalir dipermukaan, bisa di darat, bisa di dasar laut. Ini adalah betul-betul material magma (cairan silikat) bersuhu tinggi, bisa mencapai 1300C. Hasil endapannya adalah batuan ekstrusif yang masif atau brecciated. Jadi yang sering terlihat sebagai aliran berpijar dari kepundan (crater) pada waktu malam saat terjadi letusan gunungapi adalah ALIRAN LAVA dan BUKAN lahar panas.
 
Istilah GUGURAN LAVA sudah sangat umum dipakai di bidang volkanologi, yaitu adalah identik dengan ROCK FALL tetapi khusus terjadi pada puncak gunungapi, terjadinya adalah sbb.: lava yang sudah mendingin menjadi batuan volkanik (misalnya andesit) di puncak gunungapi membentuk “sumbat lava” (“volcanic plug”) yang bisa menutupi seluruh atau sebagian lubang kepundan, tergantung bentuknya, bisa berupa kubah ataupun tiang. Biasanya terjadinya guguran lava dalam skala yang besar mengindikasikan akan terjadi erupsi, karena adanya peningkatan desakan magma dan tekanan gas dari bawah, mengakibatkan sumbat lava ini mengalami deformasi, terangkat, retak-2 dan akhirnya rontok membentuk guguran lava. Jadi bukan lava pijar yang gugur.

0 Response to "Pengertian dari kata Lava Serta Mengapa Lava Begitu Panas dan memiliki Warna Berbeda"

Post a Comment